Sampai kini belum aku tau arti kata maiyah juga maknanya. namun dalam praktiknya, perkumpulan perkumpulan yang diselenggarakan oleh mbah nun sunguh membuatku jatuh cinta. sebelumnya aku pernah berpikir bagaimana mengatasi masalah masalah dalam lingkup desa sekala kecil maupun besar.

dan perkumpulan semacam itulah yang memungkinkan melahirkan solusi dari masalah sepele hingga palingrumitpun. seandainya pemdes dan warga setiap bulan melakukan diskusi tanpa membawa embel embel gelar dan dilakukan secara kekeluargaan atau mengacu pada kesetaraan sebagai manusia mungkin kesejahteraan akan benar benar terwujud dalam lingkup desa.

Dan ternyata cara ini sudah dilakukan oleh mbah nun secara konsisten bahkan sebelum aku lahir. ditengah keadaan masyarakat yang semakin  cenderung bermusuhan dan saling menyingkirkan dilingkup pergaulan sehari hari hingga dalam tubuh pemerintahan.

Aku seolah dipertemukan oleh sesuatu yang dirindukan tanpa tau apa yang ku rindu. mungkin susasana yang tercipta diforum maiyah atau rasa kekeluargaan yang mendalam, entahlah…

Yang pasti apa yang kudapat dari forum maiyah membuatku ingin terus belajar bagaimana cara mencintai dengan cara yang indah.

Kudoakan yang baik baik buat SabaMaiya. karena hanya itu yang ku bisa saat ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *